Teknik Mengajar Speaking - What is It?
Teknik mengajar speaking - what is it?
ini diperkenalkan Nation, seorang professor ahli pengajaran bahasa Inggris.
Teknik ini sangat cocok bagi guru
bahasa Inggris yang sedang mengajarkan materi describing things. Biasanya,
materi tersebut berbarengan dengan materi reading dan writing descriptive
text.
Untuk
membuat teknik ini sukses, tentu ada prosedur yang harus dijalankan oleh
seorang guru. Agar lebih singkat, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa
dilakukan :
Guru
menulis beberapa kalimat di papan tulis. Kalimat-kalimat tersebut harus
menggambarkan seseorang atau suatu benda. Misalnya :
- It is thin.
- It is black.
- It has many teeth.
- It is made of plastic.
- We can find it near a mirror.
- It costs a dollar.
- Everybody uses it.
- It is used for combing your hair.
- What is it?
Setelah
itu, guru meminta para siswa untuk mengubah kalimat-kalimat tersebut agar bisa
menggambarkan / menjelaskan hal-hal lain. Saat seorang guru mengajarkan teknik
ini, ia harus memiliki banyak cadangan kata benda yang bisa menjadi contoh.
Misalnya memberikan contoh jarum / a needle.
- It is thin
- It is silver
- It has a sharp point.
- It is made of steel.
- We can find it in our house.
- It costs ten cents. (bisa diganti rupiah / mata uang lainnya)
- You need good eyes to use it.
- It is used for sewing things.
- What is it?
Setelah
dirasa cukup, kemudian guru memberikan satu nama benda, misalnya saja a pen
= pena, lalu siswa disuruh menjelaskannya seperti contoh rancangan di
atas. Bila perlu, guru bisa menambahkan deskripsi tambahan untuk kata a
pen tersebut agar siswa semakin mudah membuatnya.
Saat
siswa sudah bisa mengikuti rancangan ini, teknik What is It ini bisa
dijadikan sebuah permainan di dalam kelas. Satu siswa memberikan gambaran satu
benda, dan yang lainnya menebak benda apakah itu?
Ketika
semua siswa sudah sangat menguasai teknik ini, mereka bisa menambahkan beberapa
kalimat tambahan yang belum tertera pada bagan di atas.
Intinya,
teknik What is it? ini memiliki fitur-fitur sebagai berikut :
- Learners can be prepared for the activity by learning and practicing a small number of sentence patterns.
- Communication is important because the activity has an outcome that depends on successful communication.
- The learners can do the activity with each other in a form of pair and group work.
- Learners can make change to the activity so that the outcome is not completely predictable.
Mungkin
anda yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris lebih tahu tentang
membuat sebuah materi pelajaran semakin menarik. Namun, jika pelajaran speaking
masih terasa membosankan, mungkin teknik ini bisa digunakan. Silahkan dicoba...
:)
Referensi
:
Nation,
I.S.P and Newton,
Jonathan. 2009. Teaching ESL/EFL Listening and Speaking. London and New
York: Routledge.
SOURCE AT ENGLISHINDO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar